GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna meresmikan patung lodaya Polsek Pasirwangi di halaman Kantor Polsek Pasirwangi, Kamis (18/7/2019).

Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti patung macan tersebut, dilakukan sekaligus untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-73.

Baca juga:

Kapolres Garut Awasi Pelaksanaan MPLS di SMKN 1 Garut

Kapolres mengatakan sangat mengapresiasi kreativitas jajarannya di Polsek Pasirwangi sehingga patung lodaya terwujud. Ia berharap, semoga patungnya tidak ompong atau besar kepala.

“Patung lodaya ini simbol Gelar Raja Padjadjaran yakni Prab-hu Silih Wangi sebagai Sang Batara Guru (Tuan Terhormat). Nama lain dari Siwa (silih wangi) yang memberi penerangan dengan kasih sayang,” katanya.

Ditambahkannya, hingga saat ini masyarakat Jawa Barat menyebut satwa lodaya dengan istilah “maung”, sebagai lambang “silih wangi”.

Sementara itu Kapolsek Pasirwangi, Iptu Zainuri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres yang telah meluangkan waktu meresmikan patung lodaya di Polsek Pasirwangi.

Baca juga:

Razia Parkir Liar, Petugas Angkut Belasan Kendaraan Roda Dua

Usai peresmian, acara dilanjutkan dengan tausiah dari Ust Dedeng, tokoh agama setempat.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kapolsek Samarang Supian Bj, Danramil Samarang Kapten CHB Albertus Untung Wahyudi, Camat Pasirwangi Odik Sodikin, MUI Kecamatan Pasirwangi, dan tamu undangan lainnya.

Reporter: MD Sumarna
Editor: Mustika