GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Popularitas objek wisata Silayung Park di puncak Gunung Silayung, Kampung Dukuh, Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ternyata sudah tersebar luas ke berbagai daerah.

Pada musim libur Lebaran 2019 kemarin, ratusan pengunjung dari luar Garut seperti Banten, Bandung, Jakarta, membanjiri area wisata alam dan sejarah ini.

Baca juga:

Garut Sudah Siap Menjadi Kunjungan Objek Wisata Dunia

“Alhamdulillah, popularitasnya sudah tersebar ke berbagai daerah, sehingga pengunjung luar Garut terus berdatangan ke Silayung Park,” ujar Kepala Desa Karyamukti, Widya Heru, SE, Selasa (17/6/2019).

Heru menanambahkan, seiring dengan makin banyaknya jumlah kunjungan ke Silayung Park, pihaknya pun kini terus melakukan penataan agar objek wisata itu makin diminati.

“Kami kini tengah membangun jalan yang cukup representatif ke Silayung Park agar objek wisata itu mudah dicapai dengan kendaraan. Selain itu, beberapa sarana prasarana di area wisata pun terus dibangun, di antaranya mushala yang terbuat dari kayu,” ungkapnya.

Heru menambahkan, khusus untuk pembangunan mushala, anggarannya merupakan bantuan dari seorang dokter asal Cibatu.

Bagi penyuka suasana alam pegunungan yang hijau, Silayung Park memang bisa menjadi pilihan untuk berwisata. Berada di puncak gunung, area wisata yang dipenuhi bebatuan dan pepohonan besar itu sangat instagramable. Dari Silayung Park yang berada di ketinggian, pengunjung bisa mengamati wilayah Kecamatan Cibatu yang dibelah jalan nasional, bentangan rel kereta api, dan kumpulan-kumpulan permukiman yang terhampar dan berbaur dengan pesawahan dan kebun.

Baca juga:

Kopi Kampung Pelag Garut, Jenis Kopi Tertua di Nusantara, Ini Alasannya

Selain itu, Area Silayung Park pun dipenuhi gundukan bebatuan berbagai ukuran yang bentuknya mirip hasil pahatan. Diduga bebatuan tersebut merupakan situs bersejarah, peninggalan manusia purba ribuan tahun lalu.

Pihak Pemerintah Desa Karyamukti pun telah melaporkan keberadaan batu-batu aneh itu ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut beberapa waktu lalu.

“Kami akan terus membangun Silayung Park sehingga menjadi objek wisata yang menarik. Bahkan ke depan di area itu akan dibangun kolam renang waterboom serta kebun binatang mini,” jelas Heru.

Reporter : Atu RF
Editor: Mustika