oleh

Rutan Siak Ludes Dibakar Ratusan Napi


RIAU|KABARNUSANTARA.ID – Rumah tahanan (rutan) Kelas II B Kabupaten Siak, Provinsi Riau, ludes dibakar ratusan narapidana, Sabtu (11/5/2019). Pembakaran terjadi sekitar pukul 01.00 dinihari tadi. Dalam kejadian itu, Kasat Narkoba Siak pun menjad korban penembakan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, narapidana membakar rutan berawal dari razia yang dilakukan petugas rutan terhadap para napi. Dalam razia itu tiga orang napi kenapa pukulan petugas sebab kedapatan membawa narkoba.

Baca juga:

Dosen Pascasarjana Unpas Bandung Diamankan Polisi

Humas Polres Siak, Brikpa Dedek mengatakan, melihat ada napi dipukuli, para napi lainnya marah dan akhirnya membakar rutan.

“Maka terjadilah kebakaran yang membakar seluruh sel napi,” jelasnya.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.00. Sebanyak 110 tahanan berhasil dievakuasi dn dipindahkan ke tempat aman.

Kasat Narkoba Polres Siak AKP Jaelani tertembak dalam kejadian itu. Hingga tadi pagi, Jaelani masih dirawat di RSUD Siak.

Keterangan lain menyebutkan, kerusuhan dan pembakaran rutan Siak pada dinihari tadi sangat mencekam. Napi melempari petugas dengan batu dan benda keras lainnya.Suara api, suara tembakan pengamanan, suara benda yang dipukulkan dan teriakan-teriakan histeris berbaur menjadi satu.

Baca juga:

Kapolda Jabar Kunjungi Pontren Darusalam Wanaraja

Karena para napi tampak makin agresif, AKP Jaelani langsung mengambil posisi di depan. Ia meminta agar para tahanan tidak anarkis. Namun tiba-tiba saja terdengar letusan tembakan dan peluru mengenai lengan AKP Jaelani.

Rutan Kls IIB Siak, dihuni sekitar 648 orang narapidana, padahal kapasitasnya hanya 128 orang saja.

Hingga kini proses evakuasi dan pencarian narapidana masih dilakukan petugas.

Reporter : RM
Editor : Mustika

Komentar